5 Jenis Olahraga ini Wajib Dilakukan untuk Orang Gemuk

5 Jenis Olahraga ini Wajib Dilakukan untuk Orang Gemuk

Tujuan kita berolahraga tentunya adalah agar kita bisa sehat dan memiliki tubuh yang bagus, hal inilah yang dibutuhkan bagi para orang orang yang memiliki bobot tubuh gendut atau gemuk. Ada banyak sekali penyebab tubuh sesorang bisa besar salah satunya adalah karena tidak mengatur pola makan.

Untuk orang orang gemuk ketika beraktivitas tentunya merasakan beban di area lutur, punggung, pinggang dan bergelangan kaki jadi oleh karena itu ada beberapa tips jenis olahraga yang cocok dilakukan untuk anda yang memiliki bandan berlebih! mau tau apa yuk simak baik baik tips dibawah ini.

1. Jalan kaki

Olahraga untuk obesitas yang paling murah dan mudah adalah jalan kaki. Anda bahkan tidak butuh banyak perlengkapan untuk melakukan olahraga ini.

Berjalan memang tidak terlalu banyak membakar kalori. Namun, Anda harus ingat, ketika orang yang obesitas menjalankannya, maka pembakaran bisa lebih banyak. Sebab, dibutuhkan energi lebih banyak yang dikeluarkan oleh orang obesitas dibandingkan orang yang berat badannya normal.

2. Berjalan dalam air atau berenang

Ketika beraktivitas di air, beban tubuh Anda akan ikut ditopang oleh air. Dengan begitu, risko terbebaninya sendi dan tulang jadi lebih minim melalui jenis olahraga ini.

Bagaimana tipsnya untuk berjalan di air? Yang pertama, sebaiknya kaki tidak menyentuh dasar kolam. Kemudian badan benar-benar digerakkan seperti jalan pada umumnya di darat. Ulangi gerakan berjalan ini berulang-ulang.

Selain berjalan di air, jika Anda juga bisa berenang, Anda juga boleh melakukannya sebab renang adalah olahraga low-impact juga. Berenang juga efektif mengatur pernapasan dan membakar kalori.

3. Bersepeda

Bersepeda adalah olahraga untuk obesitas yang efektif membakar kalori, plus aman karena termasuk olahraga low-impact. Ada berbagai jenis sepeda yang bisa Anda gunakan, sepeda statis ataupun sepeda biasa.

Saat bersepeda, mulai pelan-pelan selama 5 menit. Kayuh pedal sepeda tanpa berhenti, setelah 5 menit istirahat. Selanjutnya, kayuh sepeda lagi hingga 5 menit, lalu istirahat kembali. Secara bertahap, Anda bisa tambahkan durasinya.

4. Latihan otot

Latihan kekuatan otot juga diperlukan oleh orang dengan obesitas untuk memperbaiki masalah postur tubuh serta meningkatkan metabolisme.

Dengan latihan kekuatan, tubuh akan membangun otot lebih banyak. Ketika tubuh membangun otot lebih banyak, ini akan meningkatkan metabolisme Anda saat istirahat. Semakin tinggi metabolisme, semakin cepat proses pembakaran kalori yang terjadi.

Anda dapat mencoba beberapa latihan beban di rumah menggunakan pemberat seperti dumbbell, atau Anda bisa melakukan gerakan seperti push-up, squat, lunge, sit-up, dan lain-lain.

5. Tai chi

Tai chi merupakan olahraga dengan gerakan tenang, tapi bisa membakar kalori meskipun sifatnya low-impact. Untuk melakukan olahraga kali ini, alangkah lebih baik bila ada pelatihnya. Sebab ada banyak teknik yang tidak umum dan harus dibimbing oleh orang yang berpengalaman.

Tai chi adalah olahraga yang bukan hanya baik untuk fisik, tetapi juga untuk mempertajam konsentrasi. Beberapa kelas tai chi diadakan di dalam ruang, meski ada juga yang di luar ruang seperti di taman. Pilih mana yang paling nyaman buat Anda.

Baca juga : Bolehkah Olahraga Tanpa Pakai Bra?

1 tanggapan pada “5 Jenis Olahraga ini Wajib Dilakukan untuk Orang Gemuk”

  1. Pingback: Cara Mudah Bentuk Perut Jadi Six Pack | Informasi dan Tips Olahraga

Tinggalkan Balasan