7 Gerakan Latihan Otot Sayap

7 Gerakan Latihan Otot Sayap

7 Gerakan Latihan Otot Sayap – Latihan di Gym atau di tempat Fitnes kebanyakan orang lebih dominan membentuk otot lengan, dada, bahu, pingang, paha dan lain lain tapi untuk latihan otot sayap bisa dihitung jari karena latihan sayap merupakan salah satu hal yang jarang dilakukan mungkin karena otot ini terbilang sulit atau memang orang malas.

Otot sayap adalah kumpulan otot besar yang berada di punggung besar dan fungsinya cukup fital. Jika anda berlatih dengan porsi yang seimbang maka perlahan postur tubuh akan menjadi tegap, mengapa? Ini terjadi sebab otot traps meliputi otot tulang belakang, otot punggung, otot leher dan otot bahu.

Jika anda hanya fokus melakukan latihan dada, ini akan menyebakan otot tertarik kedepan. Akibatnya, postur tubuh menjadi bengkok dan kian rentan dari cidera. Nah dalam membentuk otot sayap tersebut ada beberapa metode paling efektif untuk membentuk otot sayap yang harus anda lakukan, yuk simak.

1. Side Lateral Raise

Side Lateral Raise dapat membentuk otot sayap dengan cara yang mudah yaitu dengan alat yang digunakan berupa kursi dan dumbel, duduk dengan posisi badan yang tegap, genggamlah dumbell atau barber yang memiliki berat beban berukuran sama pada masing-masing genggaman tangan, rentangkan tangan lurus sebahu (kesamping) lalu turunkan, lakukan gerakan ini berulang-ulang, tentunya sesuai dengan kemampuan anda.

Metode ini selain membantu dalam pembentukan otot sayap, juga dapat membentuk otot bahu agar terlihat lebih berisi.

2. Front Lateral Raise

Front Lateral Raise bisa membentuk otot sayap tidak jauh berbeda dengan Side Lateral Raise yakni masih tetap menggunakan dumbell ataupun barber, yang menjadi pembeda yaitu gerakan tangan : Berdiri dengan posisi badan yang tegap, genggamlah dumbell atau barber yang memiliki berat dan ukuran yang sama pada masing-masing tangan, rentangkan tangan lurus sebahu lalu turunkan, lakukan gerakan kedepan dan berulang-ulang.

3. Pull Up

Metode Pull Up juga cukup mudah dan sederhana untuk dilakukan, namun yang lebih diutamakan dalam gerakan ini adalah ketelitian. Bila anda telah memahami gerakan pull up sebelumnya, tentu anda akan mudah memahami gerakan ini. Nah, jika ingin membentuk otot sayap dengan mudah dan cepat anda harus teliti pada cara menggenggam objek untuk dijadikan alat dalam latihan pull up dengan posisi telapak tangan menghadap kedepan bukan menghadap kearah anda.

Perlu anda ketahui bahwa pada dasarnya gerakan pull up sangatlah bermanfaat dalam pembentukan otot tubuh bagian atas lebih cepat. Jika anda dapat melakukan gerakan pull up dengan benar dan sempurna maka banyak manfaat yang dapat dirasakan dalam tubuh, namun tetap tergantung pada bagaimana proses pull up tersebut. Bila dilakukan dengan sikap sempurna akan berpengaruh pada proposional bentuk tubuh dan tentunya anda juga harus memperhatikan porsi dan intensitasnya dalam melakukan latihan tersebut jangan sampai malah menyebabkan efek buruk pada tubuh.

4. Push Up

Push up merupakan gerakan calisthenic yang paling umum dilakukan untuk membentuk tubuh bagian atas termasuk otot sayap ini. Push up dapat melatih punggung, dada dan bahu secara bersamaan. Gerakan ini cukup mudah untuk dilakukan, namun akan sulit bila kondisi badan terlalu berat dan otot lengan yang belum terlatih. Anda bisa gunakan gerakan ini dirumah tanpa harus pergi ke fitnes karena tidak memerlukan alat untuk melakukannya.

5. Back Up

Back up merupakan gerakan yang berlawanan dengan sit up. Gerakan ini akan melatih otot punggung dan otot tersebut menjadi fleksibel. Cara melakukannya yaitu tengkurap dilantai, letakkan kedua telapak tangan dibelakang kepala kemudian kencangkan punggung hingga tubuh bagian atas akan terangkat.

6. Chin Up

Gerakan ini hampir mirip dengan latihan pull up, namun melatih otot yang berbeda. Jika gerakan pada pull up posisi tangan menghadap keluar sedangkan dalam gerakan chin up posisi tangan menghadap kedalam.

7. Lawnmowers

Gerakan ini sangat efektif untuk melatih otot sayap. Ketika melakukan latihan ini anda akan merasakan otot punggung seakan ditarik. Adapun cara melakukannya yaitu berdiri, letakkan salah satu tangan dipinggang kemudian turunkan tangan satunya sampai mendekati ujung kaki. Gerakan selanjutnya tarik tangan anda untuk membentuk sudut siku-siku sampai punggung terasa tertekan.

Baca juga : 5 Gerakan Untuk Melatih Keseimbangan

Tinggalkan Balasan